Monday, 19 March 2012

Beliau adalah seorang Kiyai yang saya sanjungi secara pribadi, saya sangat kagum dengan ceramahnya yang luar biasa menyentuh hati. Tapi sayang ternyata hati saya ini terlalu sulit untuk ditaklukkan (imannya kurang kali, ataukah banyak setan yang bersemedi ditubuh ini, sepertinya perlu di rukiyah..hehe jadi curhat) :-)

Oke, balik lagi ke Biodata Aa Gym dengan Sekilas Permasalahannya, Aa Gym atau dengan nama panjangnya Abdullah Gymnastiar adalah seorang dai kondang yang cukup terkenal di Indonesia. Kiyai yang selalu tampil dengan sorban dan suara khasnya cukup sukses dalam urusan dakwah maupun bisnis lainnya.
Dalam dakwah beliau memiliki sebuah pesantren yang cukup terkenal yaitu Pondok Pesantren Darut Tauhid yang terletak di Jalan Gegerkalong Girang, Bandung. Beliau juga sering tampil di acara dakwah televisi, radio dan media cetak. 

Pesan-pesan dakwahnya berkisar pada pengendalian diri, hati nurani, toleransi dan keteguhan iman. Aa Gym digemari oleh ibu-ibu rumah tangga karena ia membangun citra sebagai sosok pemuka agama yang berbeda dengan ulama lainnya. Ketika para ulama “konvensional” berdakwah tentang keutamaan salat, puasa, dan kemegahan surga, Aa Gym memilih untuk bercerita tentang pentingnya hati yang tulus, keluarga yang sakinah dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang ringan dan menyenangkan.

Dalam urusan bisnis Aa Gym yang memiliki kemampuan Pilot ini cukup sukses dengan mimiliki banyak usaha seperti bisnis hotel, rumah produksi, perkebunan dan perdagangan, yang seluruhnya dikelola secara profesional dengan manajemen sesuai syariah (aturan dan hukum) Islam.

Ketika pemahaman masyarakat tetang Aa Gym adalah seorang dai yang hidup sakinah, mawaddah dan warahmah, Hal ini menjadi kontroversial ketika media mengumumkan Aa Gym berpoligami dan menikah lagi dengan Alfarini Eridani atau dikenal juga dengan sebutan "Teh Rini" seorang janda beranak tiga pada bulan Desember 2006, saat itu istri pertamanya adalah Hj Ninih Muthmainnah atau dikenal juga dengan sebutan "Teh Ninih", yang telah menjadi istrinya sejak tahun 1988 dan selama menikah dengannya telah dikaruniai tujuh anak.

Akhirnya popularitasnya turun drastis akibat pandangan masyarakat berubah seakan kecewa dengan keputusan Aa Gym menikah lagi, berbagai gosip menimpa beliau sehingga beliau tidak lagi tampil dalam dakwah televisi dan media massa lainnya.

Popularitasnya juga sempat menurun pada 2005 setelah beliau tampil dalam iklan yang dibuat oleh Depkominfo, dalam iklan Aa Gym mengajak seluruh masyarakat untuk sabar atas kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak), Aa Gym di somasi oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Perhimpunan Pelajar Islam (PPI) yang dianggap menyesatkan rakyat menerima kenaikan BBM.

Dalam permasalah poligami Aa Gym menceraikan istri pertamanya “Teh Ninih” dengan beberapa alasannya, sontak ini membuat kaget masyarakat sehingga popularitasnya semakin menurun. 

Alhamdulillah pada akhirnya tahun 2012 ini Aa Gym kembali rujuk dengan “Teh Ninih” dan masyarakat Indonesia menyambut positif berita tersebut. Mudah-mudahan popularitas Aa Gym kembali dan beliau sukses dalam dakwah, bisnis dan keharmonisan keluarganya. AMIN...

Biodata Aa Gym atau Abdullah Gymnastiar

Nama asli : Abdullah Gymnastiar
Nama Panggilan : Aa Gym
Tanggal lahir : 30 Februari 1962
Lahir di : Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Terkenal : Sejak mengisi acara dakwah TV "Hikmah Fajar" (2000)
Kewarganegaraan : Indonesia
Istri : Hj. Ninih Muthma'innah (1988 - Juni 2011 sempat bercerai dan menikah lagi13-Mar-2012), Elfarini Eridani (Desember 2006).
Pekerjaan : Dakwah, Bisnis dan Pimpinan Pondok Pesantren Darut Tauhid

Bagikan artikel ini :